Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

 

Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan Saat usia kandungan mulai memasuki bulan-bulan terakhir maka kita sebagai orang tua pasti akan mempersiapkan segala hal untuk kelahiran sang anak, apalagi jika kelahiran anak pertama. Setelah mengetahui hasil pemeriksaan USG, dimana gender calon anak kita sudah bisa dipastikan, pasti banyak hal yang akan kita persiapkan, mulai dari nama bagi calon bayi dan juga keperluan persalinan hingga berbagai hal kecil tidak boleh terlewatkan untuk keperluan sang anak setelah lahir.

 

Bagi ibu hamil, menyiapkan perlengkapan bayi tentunya sangat menyenangkan. Apalagi, bila kita sudah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir. Barang-barang perlengkapan bayi biasanya lucu-lucu karena bentuk ukuran dan warnanya yang menggemaskan, sehingga membuat kita ingin memborong semuanya ketika berbelanja.

Namun perlu diingat kembali, pemilihan dalam mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ini sangatlah penting. Jadi Anda jangan sampai salah dalam membeli perlengkapan bayi hanya karena tergiur dengan bentuknya yang lucu-lucu, jangan sampai Anda membeli barang-barang yang kurang penting yang nantinya tidak akan terpakai.

 

Bagi Anda, calon orang tua yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya jangan kebingungan dalam memilih dan membeli barang apa saja untuk keperluan bayi Anda nantinya, karena kami akan memberikan Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan yang dapat membantu Anda untuk menentukan barang apa saja yang harus dibeli, antara lain:

  1. Baby Box, berfungsi sebagai ranjang tidur bayi, meskipun terpisah dengan ranjang orang tua namun jaraknya tidak terlalu jauh. Dengan menggunakan baby box agar menghindari bayi terhimpit oleh orang tuanya saat tidur, juga dapat melatih kemandirian yang mana dalam artian si bayi akan terbiasa tidur terpisah dengan orang tuanya.
  2. Bantal Peang, berfungsi untuk bayi yang baru lahir agar bentuk kepala si bayi tetap baik atau menjadikan kepalanya simetris.
  3. Perlak Bayi, berfungsi sebagai alas tidur si bayi yang tahan air, sehingga dapat menahan ompol (pipis) bayi saat tidur agar tidak membasahi sprei.
  4. Kelambu, berfungsi sebagai pelindung di ranjang tidur si bayi agar tidak dihinggapi lalat ataupun digigit oleh nyamuk atau serangga lainnya.
  5. Bedong, berfungsi untuk membedong si bayi yang mana memiliki manfaat untuk menenangkan bayi ketika rewel dan sulit tidur, selain itu bdong juga juga dapat mengurangi refleks kejut/kaget pada bayi yang bisa membangunkan tidurnya sehingga bayi dapat tidur nyenyak dan nyaman.

 

Sebenarnya masih banyak lagi perlengkapan bayi, seperti beberapa bantal tambahan pada ranjang tidurnya, selimut, baju, celana, popok, bak mandi, handuk, bedak, sabun, shampoo, body lotion atau baby oil, minyak telon khusus bayi, dan lain-lain. Dan ini adalah daftar harga peralatan bayi baru lahir:

Nama BarangHarga
Baby BoxRp. 660.000,-
Bantal PeangRp. 35.000,-
Perlak BayiRp. 70.000,-
KelambuRp. 50.000,-
BedongRp. 15.000,-

Kurang lebih harga di pasaran berkisar seperti tabel diatas. Untuk Anda yang sedang menanti kelahiran anak Anda dan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Sebelum Anda membelinya maka ada baiknya Anda perhatikan tips dan trik berikut ini:

  1. Mulai cari perlengkapan bayi baru lahir 1 hingga 2 bulan sebelum proses persalinan.
  2. Menyiapkan list atau daftar peralatan bayi baru lahir sebelum berbelanja.
  3. Tidak membeli pakaian bayi terlalu banyak pada bulan-bulan pertama, mengingat si bayi mengalami pertumbuhan yang cepat.
  4. Memilih handuk, pakaian, dan lainnya yang lembut dan nyaman jika digunakan sehingga tidak terjadi iritasi pada kulit bayi.
  5. Memilih pakaian yang ukurannya sedikit lebih besar sehingga tidak cepat sempit ketika dipakai si bayi yang mengalami pertumbuhan yang cepat.
  6. Setelah membeli, keperluan si bayi perlu dicuci terlebih dahulu tanpa menggunakan pewangi.

 

Kami menganjurkan bagi Anda yang menggunakan bedong yang aman dari displesia pangkal paha dan SIDS seperti bedong lanugo. Kami juga menyarankan kepada Anda untuk memilih pakaian yang tepat untuk bayi Anda. Untuk baju jangan memilih bahan yang terasa panas atau baju yang jahitannya tembus hingga ke bagian dalam karena itu membuat rasa kurang nyaman pada bayi. Dan untuk celana jangan memilih celana yang karetnya terlalu kencang karena akan terasa sesak untuk si bayi.

 

Jadi perlu diingat kembali bahwa perkembangan bayi akan cukup pesat, hal ini akan membuat beberapa perlengkapan bayi akan cepat tidak terpakai. Jadi Anda sebagai orang tua, belanjalah dengan bijak dan dalam jumlah secukupnya. Jika dilihat daftar peralatan bayi baru lahir yang harus dibeli memang sangat banyak jumlahnya. Namun dari sekian banyaknya barang yang perlu dibeli, Anda sebenarnya bisa mengurangi pembelian sejumlah barang yang biasanya didapatkan dari kado atas kelahiran anak Anda.

 

Demikian informasi mengenai Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sedang menanti kelahiran anak Anda dan mempersiapkan perlengkapannya setelah lahir. Terima kasih Anda telah menyimak informasi dari kami dan sampai jumpa pada postingan lainnya.

Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan | ghofur | 4.5